KKM PRAKARYA KELAS 7 REVISI 2017 LENGKAP DENGAN CARA MENENTUKANNYA

KKM PRAKARYA KELAS 7 REVISI 2017 


Perhitungan KKM Prakarya Kelas 7  yang mungkin anda cari saat ini,maka tepat sekali mengunjungi blog kami karena dalam kali ini Admin  akan memudahkan anda semua dalam mencari tentang kkm prakarya kelas 7 semester 1  sudah pasti juga anda bisa mendapatkan file download kkm prakarya kelas 7 secara lengkap untuk bahan ajar yang dipelukan sekarang ini.

Jika masih sulit mendapatkannya coba lihat tag berikut ini,kkm prakarya kelas 7 k13,kkm prakarya kelas 7 smp,kkm prakarya kelas 7 kurikulum 2013,kkm prakarya kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi,contoh kkm prakarya kelas 7

Definisi dari KKM adalah acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh forum MGMP sekolah, KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 s.d. 100. 

Nilai KKM ini nantinya akan bersanding dengan nilai akhir semester siswa pada rapor. Bagaimana KKM dibuat? KKM dibuat dengan cara menghitung yang tentunya tidak mudah namun juga tidak terlalu sulit jika kita mengetahui rambu-rambunya. Nilai KKM diambil dari penilaian terhadap kompleksitas materi, daya dukung pembelajaran, serta intake (kemampuan) siswa. 

Kesemuanya diramu dari tingkat indikator, kompetensi dasar, standar kompetensi, hingga jadilah KKM mata pelajaran yang tertera di rapor siswa.

Perhitungan KKM haruslah benar-benar objektif sesuai dengan kondisi pembelajaran di sekolah karena KKM juga berkaitan dengan standar evaluasi yang digunakan. Jadi, tak bisa KKM didapat dengan cara ditebak, sesuai kehendak guru, atau atas dasar permintaan Kepala Sekolah. Misalkan karena sekolahnya favorit maka KKM-nya harus diatas 80 pada setiap mata pelajaran. 

Padahal secara penilaian sesungguhnya (perhitungan) bisa saja tidak sampai 80. Misalnya mungkin kompleksitas materi yang dipelajari dianggap sangat mudah sehingga diperkirakan siswa dapat mencapai nilai di atas 80. 

Namun pada kenyataannya daya dukung serta intake siswa tak sesuai untuk mencapai nilai 80 sehingga wajar jika ternyata KKM yang di "tebak" ini akan menyulitkan siswa untuk mencapai nilai minimal. Contoh lain adalah di sekolah favorit yang merasa daya dukung dari segi sarana dan prasarana dianggap memadai untuk nilai KKM sebesar 85. 

Namun ternyata pada semester tersebut kompleksitas materi yang dipelajari sangat tinggi. Apalagi di tambah adanya guru yang tidak kompeten. Jadilah siswa pun kesulitan mencapai nilai KKM tersebut.

KKM PRAKARYA KELAS 7 REVISI 2017

>>>[ DOWNLOAD ]<<<


Semoga dengan adanya KKM Prakarya Kelas 7 Revis 2017 ini bisa membantu dalam penyusunan RPP menurut sub tema yang ada dalam materi yang akan diajarkan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.

DOWNLOAD JUGA 

Subscribe to receive free email updates: